Keuntungan Menjadi Blogger Newbie dan Profesional

Keuntungan Menjadi Blogger Newbie dan Profesional - Secara global keuntungan menjadi seorang blogger cukup luas tergantung dari masing-masing blogger itu sendiri yang merasakannya.

Namun secara garis besar keuntungan yang akan didapatkan oleh seorang blogger bisa kamu simak dalam artikel ini.

Semoga ini bisa menjadi motivasi, dan dijadikan gambaran bahwa tidak hanya blogger profesional saja yang selalu dapat keuntungan, blogger newbie juga pasti mendapatkan keuntungan serta peluang menjadi blogger profesional.

Saya sendiri masih tergolong "blogger amatir" bukan newbie lagi karena memang saya sudah lama berkecimpung dalam dunia blogger sejak beberapa tahun lalu, bahkan sudah beberapa kali membuat blog yang akhirnya tidak terurus.

Meski sudah lama mengenal blog terkadang saya merasa pesimis dan malu untuk memposting artikel, alasannya karena susunan kata dan kalimat setiap artikel yang saya buat terasa sangat hancur dan blepotan, hiks! sedih hatiku :').

Namun dibalik rasa tersebut saya sangat optimis untuk menjadi blogger yang lebih baik.

Keuntungan Menjadi Blogger Newbie dan Profesional

Mengapa dengan waktu yang begitu lama masih merasa amatiran?

Yah begitulah hidup dalam dunia blogging, arus suasana hati sering pasang surut, ini salah satu tantangannya.

Terkadang susah sekali untuk mendapatkan ide, ada kesibukan lain, bahkan yang paling berat menjadi tantangan adalah rasa "malas", akhirnya blog terbengkalai
(Catatan: ini jangan ditiru jika tidak ingin mengalami nasib yang sama).
Hal tersebut yang membuat saya hingga kini gak maju-maju (hihi terlalu jujur), bisa dikatakan tidak konsisten dalam membangun blog.

Jika ada yang berpendapat "masih amatiran saja udah sok-sok'an membahas keuntungan menjadi blogger".

Justru ini untuk membangun mental saya pribadi dengan harapan semoga bisa dijadikan gambaran kehidupan seorang blogger dan untuk motivasi kepada teman-teman blogger newbie yang ingin mendalami dunia blogging.
Lihat juga : Motivasi Menjadi Blogger
Bagi kamu yang masih baru dalam dunia blog jangan pernah merasa pesimis, karena para blogger profesional dahulunya juga terlahir dari blogger newbie, untuk mencapainya membutuhkan waktu dan proses.
Baca juga : Potensi Blog Untuk Generasi Muda Jaman Now
Jika kamu udah gak sabar ingin tahu keuntungan menjadi seorang blogger, mari kita simak apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh seorang blogger serta cara mencapainya, kita mulai dari keuntungan menjadi blogger newbie dahulu, selanjutnya kita bahas keuntungan menjadi blogger profesional.

Keuntungan Menjadi Blogger Newbie :

1. Tambah Wawasan

Keuntungan yang pertama menjadi seorang blogger adalah bertambahnya wawasan bagi blogger itu sendiri.

Seiring waktu yang berjalan dalam mengelola blog, tanpa kita sadari bahwa wawasan kita juga bertambah dengan hal-hal baru dalam kehidupan kita.

Seorang blogger harus banyak belajar untuk selalu mendapatkan ide, agar artikel yang dihasilkan menarik dan berbeda dengan artikel orang lain serta untuk menumbuhkan ciri khas tersendiri agar selalu mendapatkan perhatian dari pembaca.

Tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk mengenal istilah-istilah dalam dunia blog, jadi mau tidak mau kita harus mempelajarinya secara bertahap, seperti : apa itu SEO, apa itu HTML, dll. tidak perlu takut dengan istilah-istilah tersebut, seiring berjalannya waktu nanti juga akan faham.

2. Pandai Mengolah Kata

Keuntungan menjadi blogger yang kedua adalah akan semakin pandai dalam hal mengolah kata terutama dalam dunia tulis menulis, ini disebabkan oleh kebiasaan dalam menyusun kata untuk mengisi artikel dalam blog.

Awal membangun blog, saya hanya mengandalkan tulisan apa adanya yang penting saya paham, tanpa berfikir orang lain akan paham atau tidak dengan tulisan saya.

Sampai akhirnya saya sadar bahwa perlu menyusun artikel yang mudah dipahami oleh saya dan orang lain agar banyak pengunjung yang tertarik dengan artikel yang saya buat.

Coba bandingkan susunan kata pada artikel-artikel lama dan artikel terbaru saya, lebih hancur mana yang lama dan yang baru? (meski masih sama-sama hancur tapi lumayan yang sekarang saya rasa hahaha...).

3. Menumbuhkan Hobi Baru

Jika hobi kamu memang tulis menulis mungkin menjadi seorang blogger tidak jauh dari hobi utama kamu, namun jika sebelumnya tidak pernah terpikir akan memiliki hobi tulis menulis, dengan menjadi seorang blogger kita akan mendapatkan hobi baru yaitu tulis menulis dan gemar membaca.

Sebelum memiliki blog saya juga tidak pernah berpikir akan menjadi seorang blogger, karena hobi saya bukan lah tulis menulis, dan membaca hanya sekedarnya saja.

Awal saya terjun dalam dunia blog saat itu tujuan utamanya untuk menyimpan pengalaman-pengalaman pribadi yang saya rasa perlu untuk ditulis dan supaya bisa dibaca dan dipelajari kembali di kemudian hari.

Hingga akhirnya terbiasa dan malah menjadi kebiasaan, semakin ke sini malah ketagihan untuk menulis pengalaman-pengalaman pribadi untuk dijadikan sebuah artikel.

Sedangkan hobi membaca sudah pasti akan tumbuh dengan sendirinya, karena blogger perlu untuk mengumpulkan materi dan informasi, otomatis sering baca-baca.

4. Makin Banyak Teman

Keuntungan blogger yang keempat adalah semakin banyak teman, hal ini juga keuntungan yang pasti akan kita dapatkan selama menjadi blogger.

Berteman tidak harus selalu kenal dengan bertatap muka, namun pertemanan di dunia maya juga tidak kalah penting, termasuk di dunia blogger.

Jika kamu menjadi seorang blogger maka carilah teman yang juga seorang blogger, jika tidak, maka akan sulit bagi kamu untuk berkembang dalam membangun blog.
Catatan:
Bukan berarti kita harus cari teman yang semua seorang blogger, tetapi ini hanya untuk kepentingan dalam dunia blogging. Masa iya kita mau sharing tentang blog sama teman yang hobi memasak? gak nyambung kan? Namun keahlian teman yang suka memasak bisa kita jadikan artikel.
Sesekali bergabung di forum-forum atau grup sosial media yang juga membahas tentang blog, agar keahlian kita ada kemajuan.

Seperti grup yang paling saya cintai yaitu IAPD (Indonesian Adsense Publisher Discusion) tempat berdiskusi para blogger dan youtuber untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

5. Tidak Diburu Waktu

Keuntungan blogger yang kelima adalah tidak diburu waktu, tidak seperti saat kita menjadi seorang pegawai diperusahaan orang lain yang selalu dikejar deadline, kita bisa kapan saja untuk mengisi dan membuat artikel, tidak akan ada orang yang menegor kita dan mengatur kerja kita.

Tapi...

Meski tidak ada orang yang akan menegur kita dalam hal mengelola blog, sangat tidak disarankan jika kita selalu "pasang surut" dalam mengurus blog (jangan menjadi saya yang dulu).

Jika kita ingin blog cepat mendapatkan kepercayaan pengunjung dan agar tidak terkesan main-main sebaiknya buatlah jadwal untuk memposting artikel, hal ini juga untuk memberikan kesan pada pengunjung bahwa kita konsisten membangun blog.

Dengan adanya jadwal kita bisa me-manajemen waktu sebaik mungkin untuk menarik pengunjung, jadi pengunjung bisa tau kapan akan ada artikel baru di blog kita.

6. Lebih Tau Pemanfaatan Internet Secara Positif

Yang keenam keuntungan menjadi seorang blogger adalah lebih tau akan manfaat internet secara positif, kita akan banyak tau "kehidupan" di internet karena internet merupakan dunia kedua bagi para blogger.

Saat ini internet telah menjadi suatu kebutuhan terutama di zaman digital begini, hampir semua yang kita butuhkan bisa kita lakukan melalui internet, hal semacam ini sudah pernah saya singgung pada artikel saya yang lain yang berjudul "3 Kebutuhan Pokok Baru di Zaman Now".

7. Selalu up to date

Seorang blogger pasti tidak akan pernah ketinggalan berita dan info terbaru tentang permasalahan dalam dunia terutama yang berhubungan dengan pembahasan dalam blognya atau pun berita-berita nasional dan internasional lainnya.

8. Mendapatkan Kepuasan Batin

Bagi blogger tidak hanya keuntungan berupa materi yang diharapkan namun kepuasan batin adalah hal utama tujuan membangun blog, namanya juga hobi, jadi tujuan utamanya adalah kepuasan batin.

Banyaknya pengunjung yang berkomentar atau pun pesan langsung melalui email tentang apa yang telah saya posting dalam artikel, lebih-lebih mereka terbantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dialaminya berkat postingan saya.

Hal semacam itu yang membuat saya selalu merasa senang dan optimis membangun blog ketika bisa membantu orang lain melalui tulisan.

Nah itu dia beberapa poin keuntungan menjadi blogger newbie, berikutnya saya berikan gambaran keuntungan menjadi blogger profesional.

Selain keuntungan yang telah saya sebutkan di atas, berikut beberapa keuntungan lebih yang akan didapatkan oleh blogger profesional.

Keuntungan Menjadi Blogger Profesional :

1. Terkenal dan Banyak Penggemar

Keuntungan blogger profesional yang pertama adalah akan terkenal dan memiliki banyak penggemar. Blogger amatir seperti saya saja sudah ada penggemarnya, yah walaupun hanya satu dua orang saja (hahaha...) bagaimana nanti jika sudah menjadi blogger profesional.

Semakin pandai kita menuliskan artikel maka semakin banyak pula orang yang ingin mengenal kita.

Semakin tinggi ilmu kita dalam dunia blogging akan semakin bertambah pula para pengunjung yang ingin menjadi penggemar kita.

2. Menghasilkan Uang dari Blog 

Keuntungan berikutnya dari seorang blogger adalah bisa menghasilkan uang dari blog.

Apakah seorang blogger amatir juga bisa menghasilkan uang?

Bisa!

Contohnya adalah saya, meski masih tergolong blogger amatir tetapi saya juga sudah bisa menghasilkan uang dari blog.

Yah walau pun tidak banyak namun bisa dijadikan bukti bahwa blogger amatir juga bisa menghasilkan uang dari blog.
Catatan:
Untuk keuntungan poin ini anggap saja sebuah bonus, jangan jadikan tujuan utama agar nantinya tidak bosan untuk mengelola blog jika harapannya tidak tercapai gara-gara tidak menghasilkan uang dari blog.
Jika tujuan utama kita membangun blog adalah semata-mata untuk mendapatkan keuntungan secara finansial dari blog, saya yakin kamu tidak akan bertahan lama.

Bangunlah sebuah blog untuk tujuan pembelajaran dan anggap sebuah catatan pribadi atau sebagai media berbagi dari kita untuk orang lain, dan semata-mata untuk membangun diri, jika blog sudah mapan maka kita boleh untuk berfikir mendapatkan keuntungan dari blog secara finansial.
Baca lainnya : Berapakah Harga Blog Mu? Coba Cek Disini

3. Gampang Mendapatkan Tawaran Kerja

Jika kita sudah berhasil mendapatkan gelar blogger profesional, tawaran-tawaran kerja akan datang dengan sendirinya, berbagai perusahaan media besar tidak akan segan-segan untuk mengajak kita bekerjasama dalam menjalankan bisnisnya, khususnya dalam bidang IT.

4. Bisa Mendirikan Sekolah Blogger

Yang ketiga kita bisa mendirikan sekolah khusus blogger, semakin hari jumlah blogger semakin bertambah itu bisa dilihat dari semakin banyaknya blog-blog baru dan anggota-anggota baru dalam forum/grup media sosial yang membahas blog. Tentu hal ini memberi peluang untuk mendirikan sekolah khusus untuk blogger.

5. Membuka Jasa Pembuatan Blog/Website

Jika kita sudah memiliki kemampuan dalam hal membangun dan mengelola blog/website, kita bisa membuka jasa pembuatan blog/website. Pasti akan banyak orang atau perusahaan yang ingin menggunakan jasa kita untuk dibuatkan blog dan web.

6. Membuka Jasa Review Produk

Jika pembaca telah banyak yang suka dengan tulisan kita, kita bisa membuka jasa review produk, maka tidak menutup kemungkinan akan banyak perusahaan yang ingin produknya di review oleh kita, tentu hal ini akan mendatangkan keuntungan bagi kita.

Hal semacam ini sering kita temui pada blog-blog/web dengan ribuan pengunjung perharinya.

7. Sebagai Tabungan Masa Depan

Kok bisa? yups... keuntungan menjadi seorang blogger (pemilik blog) bisa dikatakan sebagai investasi atau tabungan masa depan, karena blog yang dikelola akan selalu menghasilkan uang jika blog terus dikelola dengan baik.

Jadi jangan khawatir meski seorang blogger tidak memiliki dana pensiun.

8. Sebagai Warisan untuk Anak dan Cucu

Nah ini keuntungan seorang blogger yang terakhir dalam pembahasan ini, jika suatu saat kita sudah tidak bisa lagi "merawat" dan mengelola blog, maka kita bisa mewariskannya pada anak cucu kita, agar blog bisa dilanjutkan oleh mereka.

Keuntungan-keuntungan di atas masih belum semuanya dalam dunia blogging, masih banyak keuntungan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, untuk keuntungan lainnya hanya kamu sendiri yang bisa merasakannya, karena setiap blogger memiliki keuntungan sendiri-sendiri tergantung bagaimana ia merasakan dan menyikapinya.

Semua keuntungan tersebut akan kita dapatkan jika kita konsisten dalam menjalankannya.

Cukup itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai keuntungan menjadi blogger newbie dan profesional, semoga bermanfaat, jadi meski kita masih menjadi blogger newbie jangan pernah merasa pesimis, teruslah belajar dan optimis, karena setiap usaha pasti akan membuahkan hasil, sampai jumpa dipostingan berikutnya. Wassalam.
Buka komentar
Tutup komentar

14 comments:

  1. Dalam pendapat sha pribadi, menjadi blogger adalah sebuah pilihan untuk mereka yang mau terbebas dari ikatan jam kerja yang mengekang. Terlebih bagi mereka yang memiliki idealisme tentang bagaimana menjadi sukses dan bahagia. Menjadi blogger bagi sha meruapakan sebuah cara untuk berbagi dan menginspirasi, melalui tulisan yang sha buat selalu menyematkan beberapa kutipan atau pesan yang membuat orang ingin menggerakan diri mereka terhadap sebuah keadaan. 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cakep Sha... betul sekali, ingat tujuan dulu sebelum terjun ke dunia blogger, jika tujuan utamanya lebih besar untuk mendapatkan finansial, ini yang terkadang menjadi putus ditengah jalan, bukti sudah banyak, banyak blog yang terbengkalai dan tak terurus padahal banyak pengunjung yang datang untuk mendapatkan informasi yang lebih lagi dari sang blogger, karena tujuan sang blogger tak kunjung tercapai akhirnya blog ditinggalkan.

      Delete
  2. Saya Juga amatir hehehe, yang penting seneng ngejalaninnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu sebenarnya yang harusnya kita jadikan tujuan dalam membangun blog, yaitu kepuasan batin karena tulisan kita banyak membantu orang lain juga untuk mencurahkan uneg-uneg dalam hati... :D

      Delete
  3. Izinkan aku untuk ninggalin jejak disini wahai suhu.... kak toan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. byaaahhhh... suhu 0 derajat... kang mas... wkkwk...

      Delete
  4. Mantep om..saya juga masih bljr nulis,,bljar membaca.meski tulisan saya jauh lbh ancur yg penting msh usaha.semangat om

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... sesama pemilik tulisan hancul, mari kita belajar bersama mengembangkan hobi muliya ini... jiahahaha.... :D

      Delete
  5. saya sebagai blogger amatiran akan terus belajar supaya merasakan semua manfaat yang mas tulis di artikel ini. keren mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah si ahli burung nih... :-d
      cakep dah... saya suka orang bersemangat begitu... (y)

      Delete
  6. Terima kasih atas informasinya, sangat informatif dan bermanfaat. Jangan lupa kunjungi website Universitas Islam Negeri Walisongo:
    walisongo.ac.id

    ReplyDelete