Cara Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted Terbaru - Wahyu-IWe

Cara Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted Terbaru

Cara Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted Terbaru - Bagi seorang Blogger maupun Youtuber memiliki akun adsense adalah sebuah impian, apalagi akun adsense non hosted, karena dengan memiliki akun google adsense bagi mereka bagaikan sebuah vitamin, yang bisa menambah semangat mereka untuk berkreasi dalam mengembangkan Channel Youtube ataupun Blognya, termasuk saya dan pengalaman saya mengejar google adsense.

Akun Google Adsense Non Hosted banyak yang mendambakannya, karena dengan memiliki akun adsense non hosted kita bisa memasangnya diberbagai platform, seperti di youtube maupun di blog berdomain TLD atau pun di blog yang masih ber-subdomain blogspot.

Untuk mengajukan upgrade Google Adsense tidak jauh beda dengan ketika kita awal daftar Google Adsense, syarat dan ketentuannya hampir sama, yang membedakan hanya statusnya saja yaitu belum memiliki akun adsense (untuk yang baru daftar google adsense) atau sudah memiliki akun adsense (untuk yang ingin upgrade google adsense).

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

Ada 3 (tiga) hal yang harus diketahui dan dipahami mengenai akun google adsense sebelum melangkah ke upgrade adsense.

Pertama : Akun Google Adsense Hosted Youtube
# Jika kita daftar google adsense melalui Youtube maka jika diterima oleh google adsense akun yang akan kita dapatkan adalah akun Google Adsense Hosted YouTube, akun ini hanya bisa menayangkan iklan di channel Youtube saja, jika ingin memasangnya di blog maka kita perlu untuk upgrade adsense ke non hosted.

Kedua : Akun Google Adsense Hosted Blog
# Jika kita daftar google adsense melalui blog yang masih berdomain "blogspot" dan apabila diterima maka akun google adsense yang kita dapatkan adalah akun Google Adsense Hosted Blog, akun ini hanya bisa menayangkan iklan di blog yang berdomain "blogspot" saja (bisa banyak blog asal domainnya "blogspot") tidak bisa menayangkan iklan di blog berdomain TLD (Top Level Domain) maupun di Youtube kecuali kita upgrade adsense ke non hosted.

Ketiga : Akun Google Adsense Non Hosted
# Jika kita daftar google adsense melalui blog berdomain TLD dan apabila diterima maka akun google adsense yang kita dapatkan adalah Google Adsense Non Hosted, dengan akun ini kita bisa menayangkan iklan dimana saja, baik di Youtube, blog berdomain TLD maupun blog yang masih ber-subdomain "blogspot" tanpa harus melakukan upgrade adsense lagi.

Sudah faham ya tentang akun adsense hosted youtube dan adsense hosted blog?

Untuk melihat perbedaan akun adsense milikmu apakah hosted atau non hosted, silahkan masuk ke Google Adsense dan klik icon akun kamu pada pojok atas, maka akan tampak seperti gambar berikut:
Cara Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted Terbaru
Akun adsense Hosted
Cara Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted Terbaru
Akun adsense Non hosted
Tutorial ini adalah cara upgrade atau merubah akun adsense hosted ke non hosted melalui akun adsense hosted blog, namun bisa juga diterapkan untuk pengajuan upgrade akun adsense hosted youtube.

Persiapan sebelum upgrade adsense hosted ke non hosted :

1. Sudah memiliki akun adsense hosted (Youtube atau Blog) ya mesti lah hihihi... :)

2. Blog sudah berdomain TLD

Belum tahu apa itu domain TLD? Saya kasih sedikit penjelasan tentang TLD biar tidak bingung.
Domain TLD adalah kependekan dari "Top Level Domain" atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia "Domain Tingkat Atas", contohnya seperti ".com, .net, .id, .tk, dll." kalau masih ada embel-embel ".blogspot.com" itu namanya sub domain, ok sudah faham ya, kembali ke laptop.

Saran Sebelum Melakukan Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted :

Ini khusus bagi kamu yang hanya memiliki 1 blog, sebaiknya buat blog baru dan jadikan blog berdomain TLD, lalu blog kedua ini yang akan kita daftarkan untuk pengajuan upgrade adsense.

Langkah ini dimaksudkan agar ketika kamu dalam tahap review pengajuan upgrade google adsense hosted ke non hosted iklan tetap bisa tayang di blog pertama dan pendapatan tetap bisa berjalan.

Namun jika yang sedang kamu gunakan untuk upgrade adalah blog (blogspot) satu-satunya yang langsung dijadikan domain TLD, maka ketika dalam tahap review iklan tidak akan bisa tayang dan otomatis pendapatan dari iklan google adsense tidak akan berjalan.

Langkah-Langkah Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

1. Masuk ke akun google adsense https://www.google.co.id/adsense/start/

2. Pilih menu My ads -- Other products -- masukkan alamat blog yang be-domain TLD di kotak yang disediakan (Saya akan menampilkan iklan di?) -- klik tombol Kirim.

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

3. Selanjutnya copy kode yang ada, sebelum meletakkan di dalam template kita perlu untuk mem-parse-nya terlebih dahulu agar tidak terjadi error saat disimpan nanti, cara parse silahkan baca dibawah (Cara Parse Kode Iklan), bisa juga kita melakukannya tanpa harus parse iklan, ini juga akan saya jelaskan dibagian akhir potingan.

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

4. Sekarang masuk ke blogger.com -- pilih Tema -- cari tag <Head> -- paste kode hasil parse tadi dibawah tag <head> atau diatas tag </head> -- klik Simpan tema.

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

5. Kembali ke halaman google adsense (lihat langkah nomor 3) centang pada "I've pasted..." -- klik tombol DONE.

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

6. Selanjutnya blog akan ditinjau/review selama beberapa hari, biasanya antara 2 - 3 hari kerja, bisa jadi lebih dari hari tersebut tergantung banyaknya antrian yang menunggu tinjauan.

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

Cara Parse Kode Iklan

1. Masuk ke halaman ini http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php

2. Paste kode yang sudah di copy tadi (langkah 3) dan klik tombol PARSE

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

3. Selanjutnya copy code hasil parse untuk di paste di Tema blogger (lihat langkah ke 4 diatas).

Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted

Memasang kode iklan juga bisa secara langsung tanpa harus melakukan parse seperti langkah diatas, namun kamu perlu sedikit memodifikasinya agar tidak terjadi error saat disimpan nanti, caranya seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Pasang Kode Iklan Tanpa Parse

Copy code iklan dan paste di bawah tag <head> seperti pada langkah ke 4 diatas, sebelum menyimpannya kita tambah ="" setelah kode async, lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh dibawah ini :

Kode asli dari adsense :
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: "ca-pub-1314564654112654",
    enable_page_level_ads: true
  });
</script>
Setelah di ganti akan menjadi seperti berikut, dan jangan lupa untuk menyimpannya :
<script async="" src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
  (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
    google_ad_client: "ca-pub-1314564654112654",
    enable_page_level_ads: true
  });
</script>
Demikian cara upgrade adsense hosted ke non hosted, semoga bisa membantu dan berhasil, jika ingin memasang 3 iklan adsense di awal, tengah dan akhir artikel hanya dengan satu kode silahkan baca Cara Pasang 3 Iklan atau Lebih dalam Artikel dengan 1 kode.
----------------------------

Update 13 Oktober 2017

Alhamdulillah, setelah menunggu beberapa lama dan mengalami penolakan, kini pengajuan/permohonan upgrade Google Adsense Hosted ke Non Hosted saya sudah diterima/disetujui oleh Google Adsense, berikut buktinya bahwa pengajuan saya di terima.

Cara Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted Terbaru

Ada cerita sebelum saya diterima/disetujui dalam pengajuan upgrade google adsense, ketika pertama kali mengajukan upgrade setelah beberapa hari menunggu review/peninjauan, saya mendapatkan email penolakan dari google adsense, alasannya Konten tidak memadai, jelasnya seperti pada isi email berikut ini.

Cara Upgrade Adsense Hosted ke Non Hosted Terbaru

Setelah diperhatikan dan dipahami secara seksama saya sadar kenapa pengajuan upgrade saya di tolak oleh Google Adsense, yaitu pada point ke 3 diatas yang berisi "Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense - jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web."

Saya akui memang ketika dalam masa proses review/peninjauan, saya menambahkan beberapa widget pada template blog, akhirnya pihak Google Adsense menganggap bahwa blog/web yang saya ajukan masih dalam tahap pembangunan.

Tips:

# Ketika dalam masa review/peninjauan usahakan jangan mengotak-atik template sekecil apapun sebelum mendapat jawaban dari google adsense.

# Jika mendapat penolakan dari google adsense perhatikan dan pahami isi dari penolakan tersebut sebelum mengajukan kembali.

# Sadari apa yang kurang dari blog/web yang kamu ajukan untuk daftar maupun upgrade google adsense.

# Pada poin "saran" dari google adsense diatas perhatikan satu-satu mana yang sudah kamu penuhi dan mana yang belum kamu penuhi, jadi tidak harus semua saran diatas kamu ulang dari awal, seperti halnya penolakan terhadap saya, yang saya perbaiki hanya pada poin ketiga dan kelima, karena memang benar saya mengotak atik tema/template/tataletak, dan juga saya cek kembali isi pada postingan jika ada yang kurang saya tambahi seperti navigasi (link internal) yang berhubungan langsung dengan pembahasan.
-------------------
Download : Artikel bentuk PDF


19 komentar

mantap di post juga nih artikelnya haha, tambahan yang async boleh kaya gitu atau async='async' terimakasih mas wkwk

Kebetulan baru upgrade juga hehehe... dan maturtengkyu sangat masukannya om Master... :-bd

Selamat gan Wahyu. Dengan adsense non hosted pastinya penghasilan makin kenceng. Mau nanya nih itu ca-pub nya punya sendiri? Saran saja, lebih baik di blur atau ganti soalnya nanti klo ada yang iseng bisa keambil kodenya

masih tahap pengajuan om... mohon sambung doanya semoga cepet approve :D
itu ca-bub udah saya modifikasi om... tadi emang sempet lupa di modif, untung belum publish... maturtengkyu masukkannya... :-bd

Kayanya pengen ngikutin di upgrade nih biar tambah matebg ngeblog...

Jika mendaftar ke AdSense lewat akun YouTube dan ingin menampilkan iklan di domain host lain, kita diwajibkan memakai domain TLD dan diajukan ke Google ya Mas Wahyu.

Keren yah admin kalo sdh upgrade akan ditrimanya penghasilan secara full buat para publisher adsense.

Monggo om...biar ada temennya saya diantrian upgrade adsense... 😂😂😂

Iya mas... Langkah-langkah upgradenya sama persis dengan yang sudah saya posting diatas...

Kalau penghasilan kayaknya tetap dibagi om, hanya saja iklan bisa bebas pasang dimana aja, di blogspot, blog TLD, YouTube, dan di App Google play store...
Setahu saya begitu, tapi jika benar penghasilan full diberikan pada publisher, Alhamdulillah sekali saya, mudah-mudahan bener begitu... 😂 #ngarep

Wah masang iklannya ribet juga ya om, semoga suatu saat nanti saya bisa praktekkan, oh iya om mau tanya ini sudah punya akun adsense non hosted, satu akun bisa menampung penghasilan blog juga youtube, Terimakasih Salam.

Betul sekali om... keduanya bisa dari 1 adsense, jadi pendapatan youtube ama blog kumpul jadi satu...

yoo semangat mas, saya tunggu biar sama sama non hosted xixixi

aku udah sih kemaren sekalian dapet pinnya juga, sianter sampe rumah jir, padahal rumahku masuk masuk gitu tapi tetep sampe... tapi sekarang gugel bisnisku jarang kubuka... belom ada persiapan

Wah ngeri banget artikelnya, Terlalu lengkap wkwkwk..👍

Inspirasinya dari sampean waktu itu... :D

Mau tanya om... waktu pengajuan upgrade ada berapa artikel...

seingat saya masih belasan, antara 13 - 15 artikel waktu pengajuan... namun selama review saya selalu update antara 1-2 hari sekali (per 1 artikel)

# Centang Notify me agar tahu balasan dari kami
# Pertanyaan di luar postingan, silahkan ke Contact
# Setiap komentar, saya pastikan berkunjung balik ke blog anda
# Maaf! tidak terima titip link, lebih lanjut silahkan baca FAQ
EmoticonEmoticon