Menjadikan HP Sebagai Remote Control - Wahyu-IWe

Menjadikan HP Sebagai Remote Control

Advertise
Beberapa kali saya sudah membahas tentang Xiaomi dan lagi-lagi kali ini saya akan membahas postingan yang masih juga berkaitan dengan ponsel Xiaomi, yaitu cara menjadikan hp Xiaomi sebagai remote control all in one.

Yups hanya dengan menggunakan ponsel kamu bisa mengendalikan semuanya dari jarak jauh tanpa harus menggunakan remot satu persatu.

Apalagi ponsel yang kamu miliki adalah ponsel Xiaomi jadi tidak perlu lagi untuk melakukan installasi (pemasangan) aplikasi pihak ketiga, karena biasanya pihak Xiaomi sendiri sudah menyertakan aplikasi ini ke dalam setiap smartphone yang di buatnya yaitu bernama Mi Remote.

Namun juga ada beberapa ponsel Xiaomi yang belum memiliki aplikasi Mi Remote, tapi tenang jika ponsel Xiaomi yang kamu miliki belum terdapat aplikasi Mi Remot kamu tinggal mendownloadnya melalui playstore dengan kata kunci "Mi Remote", jika ada kendala saat download silahkan baca solusi Xiaomi tidak bisa download app di Google Play Store.

Menjadikan HP Sebagai Remote Control

Satu catatan penting sebelum kamu memasang aplikasi ini pada ponsel Xiaomi, pastikan ponsel harus memiliki sensor infra red (infra merah), karena tidak semua ponsel Xioami dilengkapi infra red, seperti Xiaomi Redmi 2 dan teman-temannya.

Jika ponsel yang kamu miliki adalah seri Redmi 3 ke atas kamu beruntung, karena pada seri ini sudah dilengkapi infra red.

Bagaimana cara mengetahui bahwa ponsel yang saya miliki sudah tertanam sensor infra red?

Kamu tinggal cek pada ujung ponsel dengan tanda titik berwarna gelap, perhatikan gambar berikut.

Menjadikan HP Sebagai Remote Control

Lalu apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi Mi Remote ini?

Banyak barang-barang elektronik yang bisa dikendalikan jarak jauh oleh Mi Remote, diantaranya: AC, TV, reciever TV digital, lampu, DVD/VCD player, kipas, proyektor, kamera, pembersih udara, pemanas air, dan masih banyak lagi.

Apakah Mi Remote ini bisa digunakan untuk berbagai merk barang elektronik?

Ada 2000 lebih macam remote yang support dengan Mi Remote, termasuk setiap merk memiliki pilihan sendiri setiap type pada barang yang digunakan.

Setiap update Mi Remote akan menambah jumlah remote yang lainnya, jadi selalu update ya biar hp mu semakin canggih.

Berikut beberapa merk yang paling umum dalam produk-produk elektronik, Mi Remote support dengan 364 merk TV, seperti TCL, LG, Samsung, Sony, Sharp, Philips, Panasonic, dll.

Support dengan 226 merk AC, seperti TCL, Aux, Panasonic, Shinco, LG, DaiKin, Haier, dll.

Juga support dengan 133 merk kipas angin, 111 merk Box, 211 merk penerima A/V, 235 merk DVD player, 115 merk proyektor, 12 merk kamera, 10 merk lampu, 20 merk pembersih udara, 16 merk pemanas air, dan masih banyak lagi. capek saya jika disebutin satu-satu hehe...

Dirumah kamu barang elektroniknya memiliki merk yang aneh (tidak umum di Indonesia)? jangan khawatir Mi Remote siap digunakan untuk merk apa saja.

Bagaimana cara menggunakannya?

Cara penggunaannya cukup mudah sekali, karena pihak Xiaomi merancangnya dengan sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh siapa saja.

Untuk caranya saya langsung contohkan salah satu fungsi saja, untuk barang lainnya bisa dicoba sendiri, disini saya kasih tutorial cara menambahkan remote TV.

1. Buka aplikasi Mi Remote dan arahkan infra red ponsel pada TV yang akan di kendalikan menggunakan ponsel.

2. Pilih pada tanda plus "+" -- sebagai contoh saya pilih TV -- pilih merk TV yang sedang ingin kamu kendalikan.

Menjadikan HP Sebagai Remote Control

3. Sekarang pilih tombol Power yang tampil di ponsel, jika ada respon dari TV maka pilih tombol Ya, jika tidak ada respon maka pilih tombol Tidak, dan lanjutkan ke pilihan berikutnya (tanda panah kanan) sampai ada respon -- Jika TV sudah merespon pilih tombol Simpan, sekarang ponsel sudah siap untuk digunakan pada TV.

Menjadikan HP Sebagai Remote Control

4. Untuk TV merk lain lakukan seperti di atas lagi, namun terkadang beberapa TV memiliki kesamaan meski lain merk jadi tidak perlu melakukan pengaturan lagi.

Untuk menggunakan ke alat lain silahkan lakukan seperti diatas, misal pada Reciever TV Digital, AC, dan lainnya.

Itu sedikit tutorial cara menjadikan hp sebagai remote control segala macam peralatan, selamat menikmati semoga bermanfaat sampai jumpa di postingan berikutnya. wassalam.
----------------------------
Download artikel dalam bentuk PDF : HP Remote Control PDF
----------------------------
Cara Download : Anda akan diarahkan ke adf.ly tunggu 5 detik lalu klik tombol SKIP AD atau LEWATI.


15 komentar

mantep nih mas boleh di coba ni kebetulan tv di rumah gak ada remote hehehe

Wah, ternyata Xiaomi bisa disulap menjadi remote segala perangkat ya... Keren 😄
Makasih tips nya om Wahyu

langsung cicipi aja mas... hiks... :D

untuk hp laen juga bisa kayaknya om... :D

aplikasi bisa untuk beberapa merk ngak gan. Maksudnya kalo di rumah ada 2 AC dengan merk yg berbeda? Dulu saya pake peel remote di samsung bisa untuk 2 merk.

Berbagai merk om... Mi Remote support dengan 2000 remot lebih...
Untuk TV aja lebih dari 200 merk, AC juga lebih dari 200 merk... Belum peralatan yg lainnya... Silahkan dibuktikan... Hiks... :D

Tenyata kayak begini ta mengaturnya, saya gak ngerti asal pencet pencet aja sih biasanya cuma bisa mati tv nya kwkwkw alias ngerjain orang yang serius lihat tv

Punyaku redmi 2. Jadi nggak bisa deh

wahhh... usil ah... padahal yang nonton udah srius nonton sinetrol ampe mau nagis tuh... jadi batal dah nangisnya... kkkwkwkkw...

hehe... redmi 2 belum punya infrared ya om... di upgrade dulu om... =D

Mantep nih developer smartphone Xiaomi namun sayang saya belum punya hape xiaomi, nanti coba beli hp ini harus bisa move on dari experia jadul, hehehehe

wah mantep gan, ane juga di rumah pke.. cuman hp xiaomi doang yang bisa kayaknya, soalnya hp samsung j3 punya ane kagak bisa...

hhehehehe... bisa aja... :D

untuk hape laen belum saya coba om... hp orang merk laen yang mau tak jadikan eksperimen belum ada... kwkwkk...

# Centang Notify me agar tahu balasan dari kami
# Pertanyaan di luar postingan, silahkan ke Contact
# Setiap komentar, saya pastikan berkunjung balik ke blog anda
# Maaf! tidak terima titip link, lebih lanjut silahkan baca FAQ
EmoticonEmoticon