3 Kebutuhan Pokok Baru di Zaman Modern

Proses kehidupan manusia tidak pernah lepas dari kebutuhan pokok, lebih-lebih kebutuhan sehari-sehari seperti sandang, pangan, dan papan, semua harus bisa selalu terpenuhi agar kehidupan bisa berlangsung dengan sempurna.

Di zaman modern seperti saat ini kebutuhan pokok manusia semakin bertambah, dan tak bisa di pungkiri kebutuhan ini hampir menyamai kebutuhan utama dalam hidup manusia.

Pasti masih ingat kan dengan pelajaran waktu masih di sekolah dasar tentang kebutuhan pokok, bahwa kebutuhan pokok itu di bagi menjadi 3, yaitu : kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

Ketiga kelompok kebutuhan tersebut memiliki peran masing-masing namun yang paling utama adalah kebutuhan primer yang harus di penuhi manusia untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan kedua kebutuhan berikutnya sebagai pendukung dan pelengkap kebutuhan primer.

Kebutuhan Pokok Baru di Zaman Modern

Masih ingat tidak nih dengan arti ketiga kebutuhan tersebut?

Saya jelaskan aja sekalian meski sedikit singkat.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok utama manusia contohnya pakaian, makan/minum, dan tempat tinggal.

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan pendukung untuk melengkapi kebutuhan primer, contohnya, tempat tidur, meja kursi, lemari, dan sebagainya.

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan jika kedua kebutuhan di atas sudah terpenuhi, kebutuhan ini bisa dikatakan kebutuhan tingkat atas atau kebutuhan yang hanya bisa di penuhi oleh orang-orang tertentu, contohnya seperti rumah mewah, apartemen, mobil mewah, jalan-jalan keluar negeri, dan sebagainya.

Selain kebutuhan yang telah disebutkan di atas, tanpa kita sadari kebutuhan pokok manusia semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Apa saja kebutuhan pokok terbaru dalam kehidupan manusia modern itu?

Berikut tiga kebutuhan pokok yang awalnya terlahir sebagai kebutuhan sekunder dan tersier namun kini hampir menyamai kedudukannya sebagai kebutuhan primer.

# Pertama, Listrik

Listrik menjadi salah satu kebutuhan pokok baru yang pertama dan tidak bisa lagi dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari manusia, sebab listrik sudah menjadi kebutuhan pokok, hampir semua aktivitas yang dilakukan manusia saat ini tergantung akan adanya listrik, dengan tidak adanya listrik semua proses aktivitas kehidupan akan sulit berlanjut karena sudah menjadi ketergantungan kebutuhan manusia di seluruh dunia.

Dulu kebutuhan akan listrik hanya mampu di penuhi oleh orang-orang tertentu, namun saat ini hampir di semua pelosok desa sudah bisa menikmati keberadaan listrik.

Saat ini kebutuhan akan listrik bukan hanya sebagai alat penerangan namun sudah menjadi bagian dari proses kehidupan manusia, hampir semua alat yang ada di rumah memerlukan aliran listrik.

# Kedua, Handphone / Ponsel

Kebutuhan pokok yang kedua adalah handphone, siapa yang masih belum punya handphone? hampir semua masyarat di dunia memiliki handphone, tak terkecuali para pengemis juga bisa dipastikan memiliki handphone, tidak percaya? silahkan cek kalau ada pengemis di pinggir jalan.

Handphone sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok manusia, dengan handphone kita bisa lebih mudah berkomunikasi dengan yang lainnya, meski lawan bicara berada di belahan dunia yang lain.

Awalnya handphone hanya mampu di beli oleh orang kaya saja, namun saat ini hampir semua kalangan memiliki alat yang satu ini, dan menjadi sumber komunikasi dan informasi bagi manusia.

Meski fungsi utamanya adalah alat untuk berkomunikasi, namun dalam perkembangannya handphone sudah menjadi alat multifungsi yang mampu meringankan beban manusia.

Contohnya, saat ini handphone modern yang sering kita kenal dengan smartphone alias sang ponsel pintar ada banyak fungsi yang bisa kita manfaatkan, untuk belanja saja cukup menggunakan ponsel, mencari informasi di seluruh dunia, mencari jawaban dari sebuah pertanyaan, belajar, menonton film, TV, jika jenuh cukup manfaatkan fitur game, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita ambil hanya dengan handphone.

Dan kenyataannya kebanyakan dari kita setiap bangun tidur pasti yang pertama kali di cari adalah handphone, bahkan handphone menjadi teman di kala sedang menyendiri.
Perlu diingat dengan adanya handphone jangan sampai hubungan sosial di dunia nyata menjadi kurang maksimal dan tersingkir oleh hubungan sosial di dunia maya yang belum kamu kenal secara langsung yang justru membahayakan.

# Ketiga, Internet

Dan kebutuhan pokok yang ketiga yaitu Internet, internet tidak bisa kita lihat bentuknya namun kita bisa merasakan manfaatnya.

Hampir seluruh umat manusia dimanapun berada kini internet telah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-harinya, tak peduli yang muda maupun yang tua, semua butuh akan internet.

Lebih-lebih di zaman ini yang dikenal dengan zaman digital sudah pasti tidak bisa lepas dari internet.

Dengan internet manusia bisa memiliki banyak wawasan dan pengetahuan, tak perlu lagi membeli koran atau pun majalah cukup memanfaatkan mesin pencari, apa pun yang kamu cari hampir pasti mendapatkan semua jawabannya.

Internet seperti sebuah pedang yang memiliki dua mata pisau, selain ada banyak memberikan manfaat internet juga bisa menimbulkan kerugian, namun semua itu tergantung masing-masing orang yang menggunakannya.

Oleh karena itu pemanfaatan internet secara bijak sangat digalakkan agar kita tidak terjerumus dalam kubangan kejahatan yang bisa merugikan pihak lainnya.
Baca juga : Potensi blog untuk generasi muda
Itu lah ketiga kebutuhan pokok modern yang awalnya tumbuh sebagai kebutuhan sekunder dan tersier yang perlahan menyamai kebutuhan primer bagi kehidupan manusia.

Dari ketiga kebutuhan tersebut selain memiliki manfaat yang menguntungkan ia juga memiliki manfaat negatif jika tidak dibarengi kesadaran dan kehati-hatian.

Sampai di sini pembahasan kita kali ini, semoga membawa manfaat, terimakasih. Wassalam!
Buka komentar
Tutup komentar

3 comments:

  1. Handphone bisa jadi kebutuhan pokok karena telepon umum sampai sekarang ini sudah hampir hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul... :D
      saya langsung sebut handphone karena kepemilikannya perorangan dan hampir semua orang memilikinya bahkan tidak pernah lepas dari tangan... :)
      kalo telpon biasaya satu kelompok... :)

      Delete
  2. Saya sangat setuju mas, ketiganya sama-sama berhubungan. apa lagi internet saat ini sudah seperti kewajiban saja hehehe

    ReplyDelete