Tanaman Hias Pembersih Udara Untuk Ruangan

Tanaman hias tidak hanya memiliki fungsi sebagai penghias dan pemanis rumah saja, namun tanaman hias juga memiliki fungsi yang lebih utama dan sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu untuk menyerap udara kotor dan menjadikan udara lebih bersih dan sehat.

Seperti yang kita ketahui tanaman hias banyak ditanam di taman, halaman rumah, ruang tamu, dan bagian interior lainnya.

Untuk tanaman hias yang ingin anda letakkan dalam rumah atau ruangan, anda perlu memilih tanaman yang sesuai, selain memilih tanaman yang berfungsi penyerap udara kotor dan beracun, ukuran dan bentuk tanaman juga perlu anda perhitungkan.

Tanaman Hias Pembersih Udara

Keberadaan lingkungan kini semakin memprihatinkan, polusi udara di mana-mana, terutama di wilayah perkotaan yang semakin sesak dengan gedung-gedung tinggi, mesin kendaraan bermotor, pabrik dan industri, sehingga ruang untuk menyerap udara bersih semakin berkurang.

Untuk meminimalisir keadaan tersebut dibutuhkan sesuatu yang bisa menetralkan dan membersihkan udara kotor yang telah meracuni udara bersih, yaitu tumbuhan.

Jika kita memiliki halaman yang lumayan luas kita bisa memanfaatkan sebagian pekarangan sebagai taman untuk menanam bunga dan tumbuhan lainnya, agar bisa menyerap udara yang berpolusi.

Jika rumah anda berada di daerah perkotaan dengan halaman yang kecil dan tidak memungkinkan untuk membuat taman atau tidak ada ruang untuk menanam pepohonan, maka tips kali ini cocok sekali bagi anda agar anda bisa meminimalisir udara kotor yang berada di lingkungan anda.

Usaha pemerintah untuk mengurangi polusi udara selain mengatur peraturan dan mengurangi/melarang kendaraan bermotor yang beremisi tinggi untuk beroperasi, kini pemerintah juga menerapkan sistem taman vertikal, di mana taman tersebut di tanam secara vertikal atau bertingkat untuk gedung dan taman-taman kota minim lahan.

Anda juga bisa mencontoh tindakan pemerintah tersebut untuk membuat taman vertikal di rumah anda, atau jika anda tidak terlalu banyak memiliki modal untuk membangun taman vertikal anda bisa ikuti tips Wahyu IWe kali ini, dijamin murah meriah.

Yang perlu anda perhatikan hanyalah jenis tanaman, penempatan, pencahayaan, dan perawatan.

Jika anda sudah siap, berikut ini beberapa tumbuhan yang bisa anda gunakan untuk ditanam dan di letakkan dalam ruangan.

Macam-Macam Tanaman Hias Pembersih Udara :

1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Yang pertama adalah tanaman hias yang dikenal dengan sebutan Lidah Mertua atau dalam nama latinnya sansevieria, tanaman ini memiliki banyak jenis, selain cocok untuk ditanam di halaman rumah, jenis lain juga cocok untuk ditanam di dalam ruangan, karena ukurannya bermacam-macam, paling tinggi sekitar + 1 m.

Tanaman ini kaya akan manfaat, selain berfungsi sebagai penyerap polusi udara manfaat lainnya adalah penyerap radiasi, kaya produksi oksigen, antiseptik, dll.

Jika anda seorang perokok tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan dalam ruangan yang sering anda tempati untuk merokok.

 Tanaman Hias Pembersih Udara

2. Lidah Buaya (Aloe vera)

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini, di daerah saya hampir setiap rumah memiliki tanaman ini, saya rasa di seluruh daerah Indonesia cocok untuk tumbuhan ini, manfaatnya sebagai penyubur rambut sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu, tak hanya itu ia juga dikenal sebagai tumbuhan penyembuh luka dan menghaluskan kulit.

Lidah buaya juga bisa menetralisir racun kimia pada udara seperti racun formalin, benzena dan bahan kimia lainnya.

Tanaman Hias Pembersih Udara

3. Bunga Krisan / Seruni (Chrysanthemum)

Bunga Krisan atau sering juga disebut sebagai bunga Seruni memiliki banyak manfaat untuk pengobatan, seperti untuk kesehatan jantung, kesehatan syaraf dan otak, paru-paru, menghilangkan stres, fungsi mata, meredakan demam dan pilek, dll.

Tanaman dengan bunga cantik ini memiliki beberapa jenis dengan warna dan bentuk yang cukup menarik, selain penampilannya yang sangat menarik dan memiliki beberapa manfaat seperti yang telah saya sebutkan di atas, ia juga mampu menyerap udara kotor dan menghasilkan udara bersih.

Tumbuhan ini termasuk dalam kategori tumbuhan perdu jadi sangat memungkin untuk di tempatkan di luar maupun di dalam ruangan.

Tanaman Hias Pembersih Udara

4. Pakis Boston (Nephrolepis exaltata)

Pakis termasuk kategori tanaman paku, dan biasa tumbuh di daerah yang banyak memiliki kandungan air karena tanaman ini memang tidak tahan dengan daerah yang sedikit kandungan air, jika anda ingin menanam di dalam pot atau ruangan disarankan untuk selalu menyiramnya kira-kira 2x sehari, pagi dan sore.

Pakis boston juga bermanfaat untuk menetralisir udara kotor dan menyerap polusi yang ada di sekitarnya, jadi sangat cocok untuk di tanam di halaman maupun dalam ruangan karena tinggi pertumbuhannya kurang dari 100 cm.

Tanaman Hias Pembersih Udara

5. Sirih Belanda / Sirih Gading (Scindapsus aureus)

Sirih Belanda atau juga ada yang menyebutnya Sirih Gading, tumbuhan ini cukup ampuh untuk menyerap racun yang terdapat pada asap rokok, jadi jika anda atau anggota keluarga anda ada yang suka merokok, tumbuhan ini sangat cocok untuk anda tanam dalam rumah agar asap rokok yang tersebar dapat di serap dengan baik oleh tanaman ini.

Anda juga bisa mengkombinasikan tanaman ini dengan tanaman lain yang saya sebutkan di postingan ini dalam satu ruangan agar terlihat lebih menarik.

Tanaman Hias Pembersih Udara

6. Sri Rejeki

Tumbuhan ini banyak memiliki jenis dan biasanya sering terlihat di teras-teras rumah, selain bentuknya yang sangat menarik tumbuhan ini juga ampuh menyerap dan membersihkan udara beracun yang berada di sekitarnya.

Cukup anda letakkan dalam pot bunga sesuai kebutuhannya, dan disiram 1-2 kali sehari tanaman ini sudah mampu tumbuh baik dalam ruangan.

Tanaman Hias Pembersih Udara

7. Palem Bambu

Disebut palem bambu karena bentuk batang dan daunnya yang hampir menyerupai tumbuhan bambu, selain indah sebagai penghias taman maupun sisi rumah, ia juga memiliki fungsi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Palem bambu mampu menyerap racun pada udara yang kotor yang berada di sekitarnya, dan mengeluarkan kembali sebagai udara bersih, tentu jika kita menanam tumbuhan ini di sekitar kita maka hal ini akan membuat kita lebih sehat lagi.

Tanaman Hias Pembersih Udara

8. Andong / Hanjuang (Cordyline fruticosa)

Tanaman Andong atau ada juga yang menyebutnya Hanjuang adalah salah satu tumbuhan yang kaya manfaat, salah satunya ia bisa mengobati penyakit radang gusi, diare, wasir, obat bisa akibat sengatan serangga, dan masih banyak lagi.

Selain fungsinya sebagai obat-obatan tanaman hias ini juga bisa menetralisir udara berpolusi terutama zat formaldehid yang terdapat di sekitarnya, jadi tidak rugi jika kita menanam tumbuhan ini di lingkungan kita.

Tanaman Hias Pembersih Udara

Selain tanaman hias yang telah saya sebut di atas masih banyak tanaman hias lainnya yang bisa dijadikan penetralisir udara, namun cukup itu saja yang bisa saya bagikan dengan alasan perawatannya yang sangat mudah untuk di lakukan.

Demikian beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan alternatif untuk penetralisir udara berpolusi di rumah anda, semua tanaman hias di atas yang sudah saya sebutkan tidak lah memerlukan perlakuan khusus cukup anda meletakkannya sesuai yang anda mau.

Yang perlu diperhatikan jika anda berniat untuk menempatkannya di dalam ruangan hanyalah penempatan usahakan sesuaikan dengan kebutuhan, penyiraman secukupnya, dan jangan lupa untuk membersihkan daun-daun yang sudah mulai menguning atau kering.

Semoga bermanfaat, wassalam.
Buka komentar
Tutup komentar

10 comments:

  1. Wah komplit nih, kayaknya bakal mampir ke penjual tanaman hias nih, buat membersihkan udara rumah. he..he

    ReplyDelete
  2. Cara membersihkan hati tinggalan mantan gimana mas? :v wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ijup ahh... Wkkwk...
      Tinggal belah dada aja mas, selanjutnya bersihkan tuh hati pake sikat... Haha... #tipssesat

      Delete
  3. makin bersih udara di rumah apalagi yang rumahnya pinggir jalan raya..
    besok nyoba nyari bibit tanaman hiasnya ah..
    hehehehe

    ReplyDelete
  4. sayang nya sayaga brani ngomong sama mertua, , , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja cari dan tanam bunga lidah mertua kang... Hihi...

      Delete
  5. Dirumah banyak ada bunga krisan, jadi kalau dikampung sibuk kembang biakin tu bunga. Sambil nunggu bepeka naik.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiahhh...nunggu bepeka... wkwkwkwk....
      mantap itu mas... lanjutkan :D

      Delete
  6. Suka sekali dengan tanaman hias

    ReplyDelete