6 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Laptop - Wahyu-IWe

6 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Merusak Laptop

Advertise
Pembahasan kali ini masih seputar gadget, karena gadget sendiri merupakan benda yang sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan masyarat diseluruh dunia saat ini, artikel sebelumnya Wahyu IWe sudah membahas gadget dari smartphone dan kali ini gadget yang akan kita bahas yaitu mengenai pemeliharaan laptop.

Seperti yang sudah Wahyu IWe janjikan minggu lalu pada akhir postingan tentang "6 hal sepele yang bisa merusak smartphone", maka saat ini saya akan menepati janji saya untuk membahas "6 kebiasaan sepele yang bisa merusak laptop".

Laptop merupakan gadget lama yang hingga kini perkembangannya masih terus disempurnakan dengan berbagai fungsi dan kegunaan bagi berbagai macam kalangan dan kebutuhan.

Meski saat ini kecanggihan smartphone mampu menandingi laptop, tetapi laptop sendiri memiliki fungsi yang tidak bisa digantikan oleh smartphone secanggih apapun, maka dari itu laptop masih memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

Kebiasaan yang bisa merusak laptop

Saat menggunakan laptop biasanya kita sering menuruti kenyamanan, tidak menghiraukan akibat yang akan terjadi pada laptop, kebiasaan-kebiasaan tersebut memang terlihat sepele namun bisa mengakibatkan kerusakan pada laptop.

Kerusakan pada laptop yang sering kita gunakan untuk kepentingan pekerjaan bisa mengakibatkan masalah yang serius, tidak seperti ketika kita mengalami kerusakan pada TV, radio, atau barang elektronik lainnya.

Semisal, jika kita mengalami kerusakan pada TV, bila kerusakan tidak terlalu serius cukup panggil tukang servis masalah bisa beres, atau jika sudah tidak bisa di servis tinggal beli TV yang baru.

Namun jika kamu mengalami kerusakan pada laptop apalagi laptop yang kita gunakan untuk menyimpan data-data penting.

Jika kerusakan sederhana masih bisa dibawa ke tukang servis komputer, namun jika kerusakan sudah parah, habislah sudah hidupmu hihihi... :)

Masalah laptopnya yang rusak mungkin tidak masalah, tapi yang lebih fatal adalah data-data penting yang kita butuhkan tidak akan bisa kembali.

Maka dari itu menggunakan laptop memerlukan perlakukan yang khusus, jangan menganggap hal sepele tidak bisa mengakibatkan masalah yang fatal, justru dari kebiasaan sepele tersebut yang tidak pernah kita sadari akan mengakibatkan masalah, yang akhirnya justru menyalahkan orang lain yang pada waktu itu terakhir kali menggunakannya.

Saya mau cerita sedikit tentang pengalaman teman saya!

Pada suatu hari... halahh... kok kayak cerita pengantar tidur :)

Singkat cerita teman saya datang ke saya dengan membawa laptopnya, dia bilang kalo laptopnya tidak bisa nyala gara-gara tadi dipake adiknya, dia bilang adiknya tadi main game, lalu laptopnya tiba-tiba nge-blank.

Setelah saya lihat dan memeriksa laptopnya ternyata saya tidak bisa mengatasinya (lha wong saya bukan tukang servis komputer hihi...) lalu saya sarankan untuk dibawa ke tukang servis komputer kenalan saya.

Singkatnya, kerusakan pada laptopnya tersebut bukan dari gara-gara adiknya yang main game tadi, namun akibat dari dia sendiri sering menggunakan laptopnya di atas bantal/kasur.

Kok bisa cuma gara-gara ditaruh di atas bantal, cuma sepele kan? memang sepele, tapi jika dilakukan secara berulang-ulang ya akhirnya keok juga.

Jika kamu juga sering melakukan hal-hal seperti itu, segeralah untuk tidak mengulanginya kembali, agar laptop kamu lebih awet dan tahan lama, alasannya silahkan simak berikut ini.

6 Kebiasaan sepele yang bisa merusak laptop :

1. Sering Menggunakan Laptop Diatas Kasur/Bantal

Sering menggunakan laptop di atas kasur atau bantal, ini akan membuat sirkulasi panas terganggu, sehingga memicu panas berlebih atau bahasa kerennya disebut overheat.

Jadi saat menggunakan laptop sebaiknya letakkan di tempat datar seperti di meja atau lantai tanpa alas (karpet) atau jika ingin tetap menggunakannya diatas kasur, gunakan saja meja kecil seperti meja belajar milik anak SD yang ada gambar imut2nya hehe...

2. Selalu Menggunakan Laptop Sambil di Cas

Jika laptop sedang di cas tunggulah hingga proses pengisian baterai selesai antara level 90 - 100 %, jangan terburu untuk menggunakannya apalagi terlalu sering menggunakan laptop dengan charger yang selalu terhubung ke listrik.
Tips!
Sebaiknya biarkan baterai laptop kosong hingga 0 % setiap 3 bulan sekali untuk menjaga akurasi status baterai bar.

3. Mengecas Laptop Saat Hujan

Ketika hujan apalagi badai yang disertai petir biasanya aliran listrik akan naik turun akibat pengaruh petir, segera cabut charger dari colokan listrik dan sebaiknya tidak menggunakan laptop dalam keadaan terhubung dengan sumber listrik.

4. Jarang Membersihkan Laptop

Sesekali bersihkan laptop setidaknya setiap 6 bulan sekali, bersihkan bagian keyboard dari debu menggunakan lap lembut atau jika bisa semprotkan angin pada sela-sela keyboard, agar debu dan kotoran yang menempel tidak menghalangi kinerja keyboard yang mengakibatkan keyboard macet.

5. Menggunakan Laptop di Bawah Sinar Matahari Langsung

Terlalu lama terkena terik matahari secara langsung bisa mengakibatkan ketajaman layar laptop menurun, jadi hindari menggunakan laptop berlama-lama di bawah terik matahari langsung.

6. Sering Menggunakan Alas Laptop yang di Lengkapi Kipas

Sebenarnya tidak berbahaya jika menggunakan alas khusus laptop yang dilengkapi kipas jika sumber listriknya tidak diambil dari laptop itu sendiri, yang berbahaya dan bisa mengakibatkan kerusakan pada laptop yaitu jika colokan USB (aliran listrik kipas) diambil langsung dari laptop.

Sebaiknya jika memang ingin menggunakan alas laptop berkipas, usahakan menggunakan sumber listrik dari listrik langsung, pakailah charger hape yang bisa di lepas kabel untuk USBnya, dan gunakan untuk menyalakan kipas alas laptop.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang bisa mengakibatkan kerusakan pada laptop.

Dari 6 kebiasaan di atas, yang mana sering kamu lakukan? Jika ternyata salah satu atau bahkan semuanya sering kamu lakukan, sebaiknya segera "bertaubat" agar laptop kesayanganmu tetap awet.

Selamat menikmati, semoga bermanfaat, sampai jumpa di postingan berikutnya. Wassalam.


8 komentar

laptop saya batrenya udah rusak, terpaksa deh menggunakan leptop sambil ngecas.,

Yang paling sering saya lakukan adalah menggunakan laptop saat di atas kasur mas, tapi bukan untuk yang aneh-aneh sih, cuma dipakai buat ngeblog, terima kasih sudah mengingatkan.

mesti tau sikon kalo gitu, hindari jika cuaca sedang tidak bersahabat... :D

saya laptop kadang error juga masalah genuiene nya mas hahaha.. sapa tau ada boleh via email...mau instal ulang

pake wind loader by daz aja mas...pasti langsung sembuh... :D

Sayangnya saya belum punya hehehe joz gandos

jiaaahhh... bulan datang hasil yutubnya udah pasti cukup itu kang... Hiks..hiks... :D

# Centang Notify me agar tahu balasan dari kami
# Pertanyaan di luar postingan, silahkan ke Contact
# Setiap komentar, saya pastikan berkunjung balik ke blog anda
# Maaf! tidak terima titip link, lebih lanjut silahkan baca FAQ
EmoticonEmoticon